lanjutan posting pertama dimulai (selesai)

tadi sempat membaca blog-blog orang yang udah ikutan lomba, alhasil rada grogi juga sih...
tapi ini blog saya dan disini saya bebas mengeluarkan apa yang mau jeamri saya tulis..

Aneh mungkin rasanya, untuk pertama kali saya posting dengan (mencoba) menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Salah satu faktornya mungkin disebabkan lingkungan sekitar, terutama teman. Pasti dalam lingkungan sekitar kalian banyak terdiri dari berbagai suku dan terutama berbagai kelas -maksudnya "anak gaul" yang suka seenaknya sendiri menciptakan kosakata baru, dan menjadi trend-. Inilah yang menyebabkan bahasa Indonesia tidak lagi bisa dipergunakan dengan baik dan benar dalam percakapan sehari-hari.

Saya bisa mengatakan hal tersebut, karena mulai dari SMA saya pernah tinggal di Medan. Apakah bahasa Indonesia adalah bahasa utama? TIDAK...
Bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah bahasa melayu..
Sekarang, saat saya kuliah di Semarang apakah bahasa Indonesia juga digunakan dalam percakapan sehari-hari? jawabannya TIDAK juga...
bahasa yang digunakan bahasa daerah (jawa).
dan yang paling mengesalkan saya dari pengalaman saya, adalah teman-teman banyak yang berkata: "kamu, ga usah norak deh pake bahasa Indonesia. kamu tinggal dimana sekarang? gunakanlah bahasa yang dipakai, ga usah sok jakarta".


Alhasil, saya berusaha mempelajari bahasa dimana pun saya singgah dan bahasa Indonesia hanya saya pakai dengan teman-teman yang berasal dari daerah yang sama..
Kalau begitu buat apa Sumpah Pemuda ada, kalau bahasa pemersatunya bukan lagi bahasa Indonesia?

0 komentar:

Posting Komentar